Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas (ZI)

PENILAIAN Bobot Jawaban Nilai % Dokumen
A. PROSES (60) 60 57,81 96,35%
I. MANAJEMEN PERUBAHAN 5 4,34 86,80%
1 Tim Kerja (1) 1 1 100,00%
a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ? YA 1 Link
b. Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ? A 1 Link
2 Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas (1) 1 1 100,00%
a. Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ? YA 1 Link
b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM? A 1 Link
c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ? YA 1 Link
3 Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2) 2 1,34 67,00%
a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ? B 0,67 Link
b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas B 0,67 Link
c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ? B 0,67 Link
4 Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja (1) 1 1 100,00%
a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ? YA 1 Link
b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ? YA 1 Link
c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi? YA 1 Link
d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? A 1 Link
II. PENATAAN TATALAKSANA 5 4,75 95,00%
1 Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama (1,5) 1,5 1,5 100,00%
a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi A 1 Link
b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan A 1 Link
c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi A 1 Link
2 E-Office (2) 2 1,75 87,50%
a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? A 1 Link
b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? B 0,5 Link
c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? A 1 Link
d. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? A 1 Link
3 Keterbukaan Informasi Publik (1,5) 1,5 1,5 100,00%
a. a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan YA 1 Link
b. b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik YA 1 Link
III. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM 15 14,84 98,93%
1 Perencanaan Kebutuhan Pegawai Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi (2) 2 2 100,00%
a. a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan? YA 1 Link
b. b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan? A 1 Link
c. c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja? YA 1 Link
2 Pola Mutasi Internal (2) 2 2 100,00%
a. a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan? YA 1 Link
b. b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan? A 1 Link
c. c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? YA 1 Link
3 Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi (3) 3 2,84 94,50%
a. a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ? YA 1 Link
b. b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? A 1 Link
c. c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan B 0,67 Link
d. d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya. A 1 Link
e. e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ? A 1 Link
f. f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? A 1 Link
4 Penetapan Kinerja Individu (4) 4 4 100,00%
a. a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi A 1 Link
b. b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya A 1 Link
c. c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik A 1 Link
d. d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll). A 1 Link
5 Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai (3) 3 3 100,00%
a. a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan A 1 Link
6 Sistem Informasi Kepegawaian (1) 1 1 100,00%
a. a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala. A 1 Link
IV. PENGUATAN AKUNTABILITAS 10 10 100,00%
1 Keterlibatan Pimpinan (5) 5 5 100,00%
a. a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan YA 1 Link
b. b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja YA 1 Link
c. c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala YA 1 Link
2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5) 5 5 100,00%
a. a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada A 1 Link
b. b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil A 1 Link
c. c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) A 1 Link
d. d. Apakah indikator kinerja telah SMART (Specifik, Measureable, Achievable, Relevant and Time) A 1 Link
e. e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu YA 1 Link
f. f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja A 1 Link
g. g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja A 1 Link
h. h. Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten A 1 Link
V. PENGUATAN PENGAWASAN 15 13,88 92,53%
1 Pengendalian Gratifikasi (3) 3 3 100,00%
a. a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi A 1 Link
b. b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan A 1 Link
2 Penerapan SPIP (3) 3 2,13 71,00%
a. a. Telah dibangun lingkungan pengendalian B 0,67 Link
b. b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan B 0,67 Link
c. c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi B 0,5 Link
d. d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait A 1 Link
3 Pengaduan Masyarakat (3) 3 2,75 91,75%
a. a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan A 1 Link
b. b. Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti A 1 Link
c. c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat B 0,67 Link
d. d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti A 1 Link
4 Whistle-Blowing System (3) 3 3 100,00%
a. a. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ? YA 1 Link
b. b. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan A 1 Link
c. c. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System A 1 Link
d. d. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti A 1 Link
5 Penanganan Benturan Kepentingan (3) 3 3 100,00%
a. a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama YA 1 Link
b. b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi A 1 Link
c. c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan A 1 Link
d. d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan A 1 Link
e. e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti A 1 Link
6 Penyampaian Laporan Harta Kekayaan pegawai 0 0 %
a. a. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) B JUMLAH YANG HARUS LAPOR : 24 ORANG JUMLAH YANG SUDAH LAPOR : 24 ORANG
b. b. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) B JUMLAH YANG HARUS LAPOR : 21 ORANG JUMLAH YANG SUDAH LAPOR : 21 ORANG
VI. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK 10 10 100,00%
1 Standar Pelayanan (3) 3 3 100,00%
a. a. Terdapat kebijakan standar pelayanan A 1 Link
b. b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan A 1 Link
c. c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan A 1 Link
d. d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP A 1 Link
2 Budaya Pelayanan Prima (3) 3 3 100,00%
a. a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima A 1 Link
b. b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media A 1 Link
c. c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar A 1 Link
d. d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi A 1 Link
e. e. Terdapat inovasi pelayanan A 1 Link
3 Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan (4) 4 4 100,00%
a. a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan A 1 Link
b. b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka A 1 Link
c. c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat A 1 Link
TOTAL PENGUNGKIT 60 57,81 96,35%
B. HASIL (40) 40 36,09 90,23%
1 PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN (20) 20 18,69 93,45%
a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) (15) 15 3,65 13,69 91,25% Link
b. Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti (5) 5 100 5 100,00% NIHIL
2 KUALITAS PELAYANAN PUBLIK(20) 20 17,4 87,00%
a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) (20) 20 3,48 17,4 87,00% Link
TOTAL HASIL 40 36,09 90,23%
Nilai Pembangunan ZI 100 93,9 93,90%